Halaman

Wellcome To Informatika




Dengan datangnya informatika semakin berkembangnya teknologi. Salah satunya aku sangat tertarik dengan aplikasi Video Maker. Dengan Video Maker aku bisa mengedit video yang aku sukai menjadi satu, juga bisa memotong bagian bagian di video itu. Menambahkan video yang ku edit dengan musik kesukaan ku, menambahkan teks dalam video itu. Bisa menambahkan efek kedalam video itu, dan juga bisa menambahkan foto kedalam video yang akan di buat. Pertama kali menggunakan aplikasi Video Maker, tentu saja aku bingung cara menggunakannya seperti apa. Tapi, saat sudah diajarkan cara mengedit video di aplikasi Video Maker oleh guruku di ekskul belajar mengoprasikan aplikasi Video Maker tersebut. Video maker bisa di oprasikan di laptop, PC, dan juga android, aplikasinya pun beraneka ragam yang dapat dipakai. Contohnya, Movie Maker, AVS Video Editor, Sony Vegas Pro 13, VirtualDub, Corel Video Studio, Adobe Premiere Pro, Windows Movie Maker, Avidemux, Camtasia, Pinnacle Studio, HitFilm Express, dan lain lain.
    Saat
pertama kali mencoba mengedit gambar/ picture  ( foto fotoku pribadi dan keluarga), dengan aplikasi Movie Maker karena edit Video yang sangat mudah di mengerti dan hasilnya lumayan karena mengedit gambar di aplikasi edit Movie lebih mudah. Sejak itu, aku lebih rajin berlatih mengedit video di aplikasi Video Maker. Aku mencoba mengedit berupa video ternyata lumayan banyak tantangannya karena harus merubah format video supaya sama, supaya tampilnya lebih jernih, bersih, layarnya full, dan gambarnya tidak blur. Lama lama aku bisa menggunakan aplikasi Video Maker dengan baik, aku pun mengedit video Wanna One untuk menjadi kenangan nanti, hasilnya cukup baik. Aku menambahkan teks dan menyatukan beberapa video menjadi satu dan menambahkan lagu kedalam video itu.
            Waktu mempelajari Video Maker tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, hanya belajar sekitar 3 bulan. Setelah mempelajari Video Maker, aku mempelajari  Corel Draw. Pertama belajar Corel Draw, diajarkan oleh guru ku untuk membuat bentuk bentuk, dan mengenal menu dan ikon ikon juga kegunaan nya. Mulai praktek di perkenalkan bentuk seperti persegi, poligon, dan lingkaran. Ternyata dari ikon bentuk poligon kita bisa membuat bentuk segitiga disitu, dan bentuk bentuk yang lain juga. Setelah belajar membuat bentuk bentuk, guru ku mengajari bagaimana cara membuat lubang di bentuk bentuk yang kita buat tadi. Guru ku juga mengajari ku cara menyatukan bentuk bentuk menjadi bentuk yang lebih beragam, dan juga mengajari ku bagaimana cara memotong bagian bentuk agar menjadi bentuk yang lebih bervariasi.


Setelah membuat bentuk yang beragam, guruku memberikan soal untuk lebih memahami cara menggunakan aplikasi Corel Draw. Pertama Guru ku memberikan foto  wajah Mickey Mouse yang sederhana, dan harus membuat itu di Corel Draw. Pertama aku membuat lingkaran untuk membuat kepala dan telinganya, setelah itu membuat mulut menggunakan lingkaran yang di potong menjadi dua agar membentuk bibir yang sedang    tersenyum.




            Setelah membuat muka Mickey Mouse, lalu membuat Doraemon dengan badan nya, untuk membuat Doraemon itu membutuhkan waktu yang lama, karena harus bisa membelokan garis untuk membuat badan nya,. Butuh ketelitian untuk membuat Doraemon agar terlihat bagus, dan banyak lagi praktik praktik yang lainnya sehingga membuat lebih banyak pengalaman yang di dapat. Setelah mempelajari Corel Draw di ekskul TIK aku lebih sering berlatih di rumah, agar saat mempelajari Corel Draw lagi aku sudah bisa menguasai sedikit demi sedikit aplikasi Corel Draw. Ternyata aplikasi Corel Draw sangat menyenangkan, semua desain bisa di buat dengan Corel dan terliha lebih sempurna.
            Setelah lama belajar Corel Draw, guruku memberi tahu bahwa aku salah satu peserta yang terpilih untuk mengikuti lomba OTN 2018 yang akan diselenggarakan di Bali saat mendengarnya aku senang sekali karena dengan menyambut mata pelajaran Informatika membuat ku sangat bersemangat karena aku sangat menyukai mata pelajaran Informatika, dengan ada nya teknologi informatika dapat membantu dan memudahkan manusia untuk bekerja dengan efektif dan efisien.
           Setelah mengetahui akan mengikuti lomba di Bali nanti, aku lebih sering belajar agar bisa melakukan yang terbaik saat lomba nanti.  Aku mengikuti 3 lomba yaitu lomba Blog, Desain Digital, dan ketik cepat. Saat di ekskul TIK diajarkan cara membuat blog, dan itu sangat menyenangkan karena kita bisa mendesain blog pribadi kita dengan sesuka hati. Setelah membuat blog aku memposting cerita yang aku buat ke dalam blog pribadiku. Walaupun biaya transportasi lomba OTN 2018 di Bali dengan biaya gabungan dari sekolah dan orang tua, aku sangat berterima kasih sekali ke orang tua ku dan sekolah karena telah mendukung untuk lomba ke Bali. Mudah  mudahan dengan usahaku yang sudah merasa maksimal dengan belajar dan ber do’a semoga Allah memberkati, aku bisa mendapatkan hasil yang terbaik yang bisa membanggakan orang tua dan mengharumkan nama sekolah ku SMP Negeri 2 Subang yang sangat aku cintai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar